Pada
kesempatan kali ini, saya ingin menjelaskan hasil analisis SWOT di dalam bidang
produk busana muslim .
Busana
Muslim adalah busana atau pakaian sebagai ciri khas bahwa si pemakai adalah
beragama Islam dan seorang Muslim atau Muslimah, ciri yang
melekat
lainnya dari busana Muslim ialah pakaian yang menutupi seluruh organ-
organ
tubuh pemakai yang seharusnya tidak (haram) di perlihatkan kepada publik
atau
yang bukan suami dan istrinya.
Oleh
karena itu, busana Muslim menjadi pilihan umat Islam yang ingin menjaga dirinya
dan tubuhnya dari pandangan nafsu lawan jenis yang tentu saja bukan suami atau
istrinya, karena dalam Islam sudah di atur. Sebenarnya busana Muslim sangatlah indah,
jika seorang wanita mengenakannya maka akan menambah keanggunan. Secara kasat mata,
si wanita tersebut seolah-olah mengumumkan bahwa “saya seorang Muslimah, saya
tidak mengumbar aurat sembarangan kepada dunia, kecuali kepada suami sendiri”.
sejauh
ini minat kaum Muslim terhadap busananya masih terbilang tinggi .Terlebih lagi
perkembangan busana muslim sekarang sangatlah pesat dan
terbilang
sangat ramai, yang terjadi pada wanita-wanita muslim yang kini dengan bangganya
mereka menggunakan hijab dan busana yang terlihat modern tidak lagi terlihat
kuno. Seperti halnya Butik “OMG” yang memasarkan busana muslim.
Berikut
ini adalah kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari Butik “OMG”
- memiliki konveksi sendiri sehingga dapat menekan biaya produksi dan mempermudah mengontrol kualitas produk.
- Brand fashion muslim modern yang menjual secara grosir dan retail dengan harga dan kualitas yang baik.
- Sebagai Produsen sekaligus distributor Butik “OMG” dapat menekan harga produksi mereka sehingga produk yangmereka pasarkan harganya sangat bersaing.
- Dengan harga yang terbilang terjangkau tetapi secara kualitas dapat menyaingi brands ternama.
- Selain mempunyai tempat produksi, Butik “OMG” menjalankan bisnis online.
- Butik “OMG” dikenal sebagai Toko yang menjual produknya secara grosir sehingga sulit untuk menaikan harga.
- Konveksinya masih menggunakan peralatan atau mesin semi tradisional.
- Iklan dan promosi tidak rutin.
- Keterampilan SDM tenaga kerja masih rendah.
- SDM pengusaha umumnya kurang profesional dalam manajemen (manajemen produksi, pengelolaan usaha, administrasi dan keuangan).
- Pembelian produk hanya dapat dilakukan dengan cara pelanggan datang langsung ketempat penjualan busana muslim sehingga memakan waktu dan biaya pelanggan.
- Indonesia merupakan Negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.
- Makin bertambahnya wanita muslimah yang menggunakan Hijab berdampak pada meluasnya target pasar dari Butik “OMG”.
- Lokasi yang strategis.
- Tersedianya tenaga terampil yang belum dimanfaatkan secara optimal.
- Trend menggunakan busana muslim (peluang meningkatkan produktivitas dan diversifikasi produk).
- Harga bahan-bahan yang tiba-tiba naik sehingga berpengaruh pula pada biaya produsi dan harga jual tentunya.
- Persaingan harga
- perekonomian tidak stabil.
- Munculnya usaha – usaha yang sama.
- Pesaing dapat bekerja sama dengan artis untuk mempromosikan produknya ke masyarakat luas.
terimakasih atas ilmu barunya seputar bisnis fashion Kak, sangat bermanfaat...
BalasHapusAplikasi Kasir Android Gratis
Terimakasih ilmunya kakak,sangat membantu dalam pengerjaan tugas saya
BalasHapus