Senin, 14 April 2014

ALAT INPUT KOMPUTER



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Perkembangan Teknologi pada masa sekarang ini, sudah sangat cepat dan maju, salah satunya adalah teknologi komputer. Komputer pada masa sekarang ini sudah bukan barang yang asing dan mahal lagi, pada saat ini hampir disegala bidang membutuhkan komputer sebagai alat bantu, karena memiliki kelebihan yaitu dari segi kecepatan dan ketelitian. Misalnya saja dibidang kesehatan, bidang teknik, sipil, perbankan, ilmu pengetahuan, bisnis baik oleh pemerintah maupun swasta. Dimana sekarang juga berkembang teknologi jaringan komputer, dimana orang bisa berkomunikasi dengan menggunakan komputer, yang tidak hanya dalam satu ruangan, tetapi bisa meliputi antar benua, yaitu Internet. Jadi bisa dikatakan komputer           telah               memasuki segala  bidang kehidupan       kita.



BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.

B.     Pengertian Alat Input Pada Komputer
Alat input pada komputer merupakan salah satu alat untuk dimasukkan ke dalam suatu sistem komputer. Alat input komputer terbagi atas alat input yang langsung dan tidak langsung.

C.     Alat input langsung Beserta Contohnya
Alat input langsung adalah input yang diproses secara langsung oleh CPU melalui alat input ini tanpa terlebih dahulu dimasukkan ke media simpanan luar, sehingga memungkinkan interaksi langsung antara pemakai dengan system komputer. Alat input langsung dapat digolongkan ke dalam beberapa golongan, yaitu : (Graphics pads, Barcode reader, Mikropon dan Headphon, Kamera Digital, Scanner, Joy Stick dan Games Paddle, WebCam (singkatan dari web camera) , Light Pen, Touchpad, Mouse, Keyboard)
Berikut ini adalah penjelasan beserta gambarnya :

a.       Keyboard
gambar-211.jpg
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington.
Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.

b.      Mouse
http://d2bktxdiepbdhz.cloudfront.net/images/products/full/8396_LSM%20-%20100-1.jpg
Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya.
Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya.
Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.

c.       Touchpad
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg8aqi85UgfRAjrllFznL3Q5HXhyphenhyphen0uu021N0lM0m_v2IJ_JSEJgUKiI6OlvTDoSQj4UeNSb5Qk5wA4yHLFMrR236nbJJBhYPdb6tzq6UTTQYexSOSpgJ-fcc3Cl4JRRyDIWf9RNfhL_oLg/s200/TouchFreeze+for+Touchpad.jpg
Adalah sebuah alat input yang biasanya digunakan pada laptop, sebagai penggerak kursor pada monitor melalui stimulasi gerakan jari yang menyentuh touchpad tersebut, dengan fungsi ini pula touchpad digunakan sebagi pengganti mouse. Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.

d.      Light Pen
gambar-214.jpg
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

e.       Joy Stick dan Games Paddle
gambar-215.jpg
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

 f.       WebCam (singkatan dari web camera)
http://images.wisegeek.com/webcam.jpg
WebCam adalah sebutan bagi kamerareal-time (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi video call. Istilah webcam merujuk pada teknologi secara umumnya, sehingga kata web kadang-kadang diganti dengan kata lain yang mendeskripsikan pemandangan yang ditampilkan di kamera, misalnya StreetCam yang memperlihatkan pemandangan jalan.
Ada juga Metrocam yang memperlihatkan pemandangan panorama kota dan pedesaan, TraffiCam yang digunakan untuk memonitor keadaan jalan raya, cuaca dengan Weather Cam, bahkan keadaan gunung berapi dengan VolcanoCam.

g.      Scanner
http://smallbusiness.chron.com/DM-Resize/photos.demandstudios.com/getty/article/250/152/AA053789.jpg?w=600&h=600&keep_ratio=1
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk.
Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.

h.      Kamera Digital
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjnT2B2xz1VIh8qfMSXzq13Oef0dcjfsl3ajyhZYssLTPK-fuP8YUW9S0507WC7xhgBkp87-B6D8sTF7BE_euPyXlNliNTroGhn4Kk8fMaFnTdExHb-yKvkBhI055uXXgzc7JZ4r0uaMRsa/s1600/Kamera1.jpg
Fungsi dari kamera digital sama seperti fungsi kamera pada umumnya, yaitu untuk mengambil gambar dan menyimpannya dalam sebuah media. perbedaan kamera digital dgn kamera biasa adalah di media penyimpannya. pada kamera digital, gambar disimpan dalam bentuk format digital di sebuah media penyimpan digital (memory card).
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa.
Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.

i.        Mikropon dan Headphone
http://10165fasilkom.files.wordpress.com/2012/08/headset.jpg
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara

j.        Graphics Pads - Graphics pads
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj0Mz9HU1eKayZdmkzUmDTYXrVsY3kPTGlfOw58MXP0mM0OXcVDAfqWHYAF-zlr8ooWvuyEkJSYOr2GWDu35cwb83drfcjrkeWkSH95xrqu3WwasrCsS7yn60hSpQx0oIlQNF_IbqgKZHc/s1600/Graphics_Pads.jpg
Graphics Pads - Graphics pads  ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor, dengan teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat. Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface).
Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.

k.      Barcode reader
http://i00.i.aliimg.com/wsphoto/v0/397028652/barcode-scanner.jpg
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. 

D.    Alat input langsung Beserta Contohnya
Alat l input tidak langsung adalah input secara tidak langsung berarti data yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi direkamkan terlebih dahulu kesuatu media machine readable form (bentuk yang hanya bisa dibaca oleh komputer) yang berbentuk simpanan luar (external memory) misalnya : ( KEY-TO-TAPE, KEY-TO-DiSK, KEY-TO-CARD, Pita magnetic (magnetic tape) dan disk magnetic (magnetic disk), Main memory,  CPU ( Central Processor Unit) )
Berikut ini adalah penjelasan beserta gambarnya :

a.       KEY-TO-TAPE
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/e/e0/Reel-to-reel_recorder_tc-630.jpg/607px-Reel-to-reel_recorder_tc-630.jpg
Alat ini memungkinkan operator untuk merekamkan data ke media simpanan luar pita magnetik terlebih dahulu sebelum diproseskan ke CPU.

b.      KEY-TO-DiSK
http://www.geekologie.com/2007/06/20/gold-disk-on-key.jpg
Seperti key-to-cord atau key-to-tape, rnaka key-to-disk memungkan operator untuk merekamkan data terlebih dahulu ke media simpanan luar, dalam hal ini ada!ah disk magnetik, media penyimpanan dalam bentuk 3.5-inch floppy disk dan Compact Disk. Data yang tersirnpan di diskette atau CD, kemudian dapat dibacakan ke komputer untuk diproses oleh CPU melalui alat penggerak disk (disk drive). Dengan semakin murahnya komputer mikro, sekarang sebagai pengganti alat key-to-disk dapat dipergunakan komputer mikro.

c.       KEY-TO-CARD
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEisaptkaXOihucx_SjDG7waZmLo95DBFL-OR26Vr3xjrWpWzUc1EynySi0-pyEt0dxRw_4CO88zLdIVjqzRdMoFNJF_qa_VWrQnPdEQ4cUI-4CpjlhdYN2YnA2CAJ2rN_rXBS3lwKt9vlMn/s1600/PicForNewsletterCancunNov2006ClubMed120RoomKey.jpg
Salah satu alat memasukkan data yang paling tua adalah keypunch atau key-to-card. Alat ini memungkinkan operator memasukkan data yang akan dipindahkan terlebih dahulu ke dalam bentuk media punched card (kartu plong atau kartu pon).

d.      Pita magnetic (magnetic tape) dan disk magnetic (magnetic disk)
https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSeiu-l2l2VQABTNEMGBeoK-M9V65rGIas7vCZIHTaqgkLUUHFFeQ
Pita magnetik  (magnetic tape) atau key to tape adalah alat yg memungkinkan operator merekamkan datanya ke media simpanan luar pita magnetic terlebih dahulu  sebelum diproses oleh CPU

e.       CPU ( Central Processor Unit)
http://images.travelpod.com/tripwow/photos2/ta-0161-8ae2-4e46/cpu-central-processing-unit-kediri-indonesia+1152_13037860364-tpfil02aw-31874.jpg
CPU ( Central Processor Unit) merupakan tempat pemrosesan instruksi-instruksi program.

f.       Main memory
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgMNNEsHd9OgVnMywDo1pqSvg0zcp0FUkzU35sqqTf2uD19BVtmdmwSdz1N_1C2tMEvJqX_PPytk35O587pvlKDzeJYT2h3VlKm_XEt6YuEFhy5COkoyqYuKRzpjc9uoGzi1M5Z6_eEJN4/s1600/front.jpg
Main memory, yaitu bagian yang menyimpan semua data dan instruksi yg dibutuhkan untuk keseluruhan proses program.

 BAB III
PENUTUP
A.          Kesimpulan
Di era globalisasi ini banyak hal yang dapat dilakukan seseorang dengan komputer. Komputer adalah media atau alat bantu untuk mempermudah pekerjaan seseorang baik dalam bidang pendidikan maupun yang lainnya. Komputer sangat berperan aktif dalam pendidikan. Selain dapat mengakses informasi dari segala penjuru dunia, komputer juga dapat membantu para pendidik untuk mengajar dan menyajikan pelajaran yang menarik dan kreatif baik di sekolah maupun di perguruan tinggi sehingga peserta didik merasa nyaman dengan pengajaran yang telah diberikan oleh pendidik.
Seperti kita ketahui bahwa terkadang pelajaran yang disajikan oleh pendidik dapat menarik minat siswa untuk mempelajarinya jika pengajaran yang diberikan oleh pendidik tersebut menarik dan kreatif. Peserta didik yang ingin memahami materi lebih dalam dari sebuah bidang studi dapat menginstal software (program) yang berkaitan dengan pelajaran tersebut.  Komputer juga dapat membantu peserta didik untuk membuat karya ilmiah yang baik dan menarik. Informasi - informasi yang mendukung karya ilmiah tersebut dapat di cari melalui internet. Oleh karena itu, banyak pengguna komputer yang merasa nyaman dengan menggunakan komputer.



Daftar Pustaka
http://yulianizword.wordpress.com/2012/11/14/macam-macam-alat-output-komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar