BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Perkembangan Teknologi pada masa
sekarang ini, sudah sangat cepat dan maju, salah satunya adalah teknologi
komputer. Komputer pada masa sekarang ini sudah bukan barang yang asing dan
mahal lagi, pada saat ini hampir disegala bidang membutuhkan komputer sebagai
alat bantu, karena memiliki kelebihan yaitu dari segi kecepatan dan ketelitian.
Misalnya saja dibidang kesehatan, bidang teknik, sipil, perbankan, ilmu
pengetahuan, bisnis baik oleh pemerintah maupun swasta. Dimana sekarang juga
berkembang teknologi jaringan komputer, dimana orang bisa berkomunikasi dengan
menggunakan komputer, yang tidak hanya dalam satu ruangan, tetapi bisa meliputi
antar benua, yaitu Internet. Jadi bisa dikatakan komputer telah memasuki segala bidang kehidupan kita.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Komputer
Komputer
adalah alat yang dipakai untuk mengolah data
menurut prosedur
yang telah dirumuskan. Kata computer
semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan
perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat
bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal
mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah
aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak
berhubungan dengan matematika.
Dalam arti seperti itu
terdapat alat seperti slide rule,
jenis kalkulator mekanik
mulai dari abakus
dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik
yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti
"komputer" adalah "yang mengolah informasi"
atau "sistem
pengolah informasi." Selama
bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata
"komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut
disebut sebagai komputer.
B.
Pengertian Alat Input Pada Komputer
Alat input pada komputer
merupakan salah satu alat untuk dimasukkan ke dalam suatu sistem komputer. Alat
input komputer terbagi atas alat input yang langsung dan tidak langsung.
C. Alat
input langsung Beserta Contohnya
Alat input langsung adalah
input yang diproses secara langsung oleh CPU melalui alat input ini tanpa
terlebih dahulu dimasukkan ke media simpanan luar, sehingga memungkinkan
interaksi langsung antara pemakai dengan system komputer. Alat input langsung
dapat digolongkan ke dalam beberapa golongan, yaitu : (Graphics
pads, Barcode
reader, Mikropon dan Headphon, Kamera Digital, Scanner, Joy Stick dan Games
Paddle, WebCam (singkatan dari web camera) , Light Pen, Touchpad,
Mouse, Keyboard)
Berikut ini adalah penjelasan beserta
gambarnya :
a.
Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang
paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat
berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi
user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan,
seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal
dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham
pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan
Remington.
Keyboard yang digunakanan sekarang
ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai
keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada
keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki
beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
b.
Mouse
Fungsi alat ini adalah untuk
perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai
perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse adalah salah unit
masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau
kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat
dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem
operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik
sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse,
sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya.
Sebagian besar mouse terdiri dari
tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan
tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll),
dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri
disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada
pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk
penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang
disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa
melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan
berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya.
Penekanan tombol kiri mouse dua kali
secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan
menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right
click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan
wireless.
c.
Touchpad
Adalah sebuah alat input yang
biasanya digunakan pada laptop, sebagai penggerak kursor pada monitor melalui
stimulasi gerakan jari yang menyentuh touchpad tersebut, dengan fungsi ini pula
touchpad digunakan sebagi pengganti mouse. Unit masukkan ini biasanya dapat
kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari.
Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad
adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
d.
Light
Pen
Light pen adalah pointer elektronik
yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor).
Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang
kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal
elektronik setiap baris per detik.
e.
Joy
Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada
permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan
games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik
dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam
komputer.
f.
WebCam (singkatan
dari web camera)
WebCam adalah sebutan
bagi kamerareal-time (bermakna keadaan pada saat ini juga)
yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi video call.
Istilah webcam merujuk pada teknologi secara umumnya, sehingga kata web kadang-kadang diganti dengan kata lain yang
mendeskripsikan pemandangan yang ditampilkan di kamera, misalnya StreetCam yang
memperlihatkan pemandangan jalan.
Ada juga
Metrocam yang memperlihatkan pemandangan panorama kota dan pedesaan, TraffiCam
yang digunakan untuk memonitor keadaan jalan raya, cuaca dengan Weather Cam,
bahkan keadaan gunung berapi dengan VolcanoCam.
g.
Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang
dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian
disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan
dalam harddisk ataupun floppy disk.
Fungsi scanner ini mirip seperti
mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada
kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih
dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian
dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.
h.
Kamera
Digital
Fungsi dari kamera digital sama seperti fungsi kamera pada
umumnya, yaitu untuk mengambil gambar dan menyimpannya dalam sebuah media.
perbedaan kamera digital dgn kamera biasa adalah di media penyimpannya. pada kamera
digital, gambar disimpan dalam bentuk format digital di sebuah media penyimpan
digital (memory card).
Perkembangan teknologi telah begitu
canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini
dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih
baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner.
Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan
dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera
digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa.
Gambar yang diambil dengan kamera
digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian
dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran
saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil
gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau
bergerak seperti halnya video.
i.
Mikropon
dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk
merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau
untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun
dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan
mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk
menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
Unit masukan ini berfungsi untuk
merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau
untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun
dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan
mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk
menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara
j.
Graphics
Pads - Graphics pads
Graphics Pads - Graphics pads
ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor, dengan
teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat. Teknologi Computer Aided
Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat
dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan
untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua
jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan
memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat
permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface).
Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian
diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif
sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah
dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
k.
Barcode reader
Barcode termasuk dalam unit masukan (input
device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk
kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam
bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan,
minuman, alat elektronik dan buku.
D. Alat
input langsung Beserta Contohnya
Alat l input tidak langsung adalah input secara tidak
langsung berarti data yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi
direkamkan terlebih dahulu kesuatu media machine readable form (bentuk yang
hanya bisa dibaca oleh komputer) yang berbentuk simpanan luar (external memory)
misalnya : ( KEY-TO-TAPE, KEY-TO-DiSK, KEY-TO-CARD, Pita magnetic (magnetic
tape) dan disk magnetic (magnetic disk), Main memory, CPU ( Central Processor Unit) )
Berikut ini adalah penjelasan beserta
gambarnya :
a.
KEY-TO-TAPE
Alat
ini memungkinkan operator untuk merekamkan data ke media simpanan luar pita
magnetik terlebih dahulu sebelum diproseskan ke CPU.
b.
KEY-TO-DiSK
Seperti
key-to-cord atau key-to-tape, rnaka key-to-disk memungkan operator untuk
merekamkan data terlebih dahulu ke media simpanan luar, dalam hal ini ada!ah
disk magnetik, media penyimpanan dalam bentuk 3.5-inch floppy disk dan
Compact Disk. Data yang tersirnpan di diskette atau CD, kemudian dapat
dibacakan ke komputer untuk diproses oleh CPU melalui alat penggerak disk (disk
drive). Dengan semakin murahnya komputer mikro, sekarang sebagai pengganti alat
key-to-disk dapat dipergunakan komputer mikro.
c.
KEY-TO-CARD
Salah
satu alat memasukkan data yang paling tua adalah keypunch atau
key-to-card. Alat ini memungkinkan operator memasukkan data yang akan
dipindahkan terlebih dahulu ke dalam bentuk media punched card (kartu
plong atau kartu pon).
d.
Pita
magnetic (magnetic tape) dan disk magnetic (magnetic disk)
Pita
magnetik (magnetic tape) atau key to tape adalah alat yg
memungkinkan operator merekamkan datanya ke media simpanan luar pita magnetic
terlebih dahulu sebelum diproses oleh CPU
e.
CPU
( Central Processor Unit)
CPU ( Central Processor Unit)
merupakan tempat pemrosesan instruksi-instruksi program.
f.
Main
memory
Main memory, yaitu bagian yang
menyimpan semua data dan instruksi yg dibutuhkan untuk keseluruhan proses
program.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Di era globalisasi ini banyak hal yang dapat
dilakukan seseorang dengan komputer. Komputer adalah media atau alat bantu
untuk mempermudah pekerjaan seseorang baik dalam bidang pendidikan maupun yang
lainnya. Komputer sangat berperan aktif dalam pendidikan. Selain dapat
mengakses informasi dari segala penjuru dunia, komputer juga dapat membantu
para pendidik untuk mengajar dan menyajikan pelajaran yang menarik dan kreatif
baik di sekolah maupun di perguruan tinggi sehingga peserta didik merasa nyaman
dengan pengajaran yang telah diberikan oleh pendidik.
Seperti kita ketahui bahwa terkadang pelajaran yang
disajikan oleh pendidik dapat menarik minat siswa untuk mempelajarinya jika
pengajaran yang diberikan oleh pendidik tersebut menarik dan kreatif. Peserta
didik yang ingin memahami materi lebih dalam dari sebuah bidang studi dapat
menginstal software (program) yang berkaitan dengan pelajaran tersebut.
Komputer juga dapat membantu peserta didik untuk membuat karya ilmiah
yang baik dan menarik. Informasi - informasi yang mendukung karya ilmiah
tersebut dapat di cari melalui internet. Oleh karena itu, banyak pengguna
komputer yang merasa nyaman dengan menggunakan komputer.
Daftar
Pustaka
http://yulianizword.wordpress.com/2012/11/14/macam-macam-alat-output-komputer
Tidak ada komentar:
Posting Komentar